LESUNG GALADHUT”Gaya Lagu badhut”

image

image

Opo Kui Lesung

Hari cerah mentari terlihat indah,,terlihat  berjalan seperti biasa .umur ku ini udah dewasa terasa cepat ini hari tak terasa hari2 berjalan dan kenang-kenangan itu terasa indah dan tak terlupa.ingin kembali kemasa tersebut namun mungki susah namun kedewasaan membawa mimpi ini kedalam keinginan tuk terus berkumpul kembali dengan canda tawa dan keindahan akan seni yg mengajari daerah serta tempat ku berpijak dulu,terus indah ingin aku bagikan hari itu  bersama kalian.Semoga Allah selalu memberi bentuk keindahan seni dari tokoh yg turunkanya, dan seni lesung tetap bisa menghibur.

PETAKUMPET”delikan”

Malam minggu hari para muda mudi mencari kenikmatan masa muda,namun bagi kami yg beranjak dewasa malam minggu itu sarana bermain dan berkumpul serta membuang rasa penatnya rutinitas hari tuk menuntut ilmu.malam minggu indah bagi kami anak seusia kami antara sekolah sd juga smp untuk bermain yg biasa disebut “delikan ” atau biasanya disebut oleh orang-orang kota “petakumpet” .Kami antusias sekali walau tempat kami tak luas karna sudah termasuk kawasan kota,namun kalau kota diujung jawa timur pasti kita tau sih bagaimana kondisinya.

Namun kita tak perduli kan itu ,tempat boleh sempit namun permainan harus tetap jalan terus,hari itu kami bermain dengan riangnya .Um ada nie satu temen yang paling penakut dateng yah siapa lagi kalau bukan  bunder itu sih nama panggilan temenku ,nama aslinya sih Dimas, jadi pasti lama deh kalau di jadi he…biasa malem minggu kami tambah seru.

Oh ya nama kampung ku ini adalah Bulak Rejo  , Kelurahan Tangkil ,Kabupaten Sragen. Bulak adalah seperti hutan di tengah sawah ,dan rejo dalam bahasa jawa adalah ramai ,maka doa para tetua dulu mungkin Bulak Rejo Walau daerah ditengah sawah namun ramai ato rejo juga bisa disebut daerah ramai. Begitulah cerita orang tua yg terus di ceritakan untuk kami anak kampung ini.

Kita lanjutkan  dulu permainan delikannya,karna lagi seru karna bunder yang jadi, aku ,,gentho biasa di panggil ato nanang ,jarang sekali ketahuan sih kalau saat delikan ,makana disebut alap-alap,hee,,ini ada juga temen ku kitil biasa dipanggil nama aslinya sekti,ibut ato budi,gendut ato rohmat,iyas ato ilyas,anta ato ananta,eyet-eyet ato angga,sumar,kamto,riwol atau ari, dan lain2 kira 10an orang .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s